Sabtu, 07 Januari 2012

Mengedit Foto Menggunakan Photoshop


Pembahasan tulisan saat ini adalah tentang Photoshop..
Pembelajaran photoshop kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana penggunaan photoshop bagi pengguna baru. .

photoshop sih emang bisa dibilang lebih sulit penggunaannya daripada menggunakan photoscape, atau pengedit foto yang lain.. semua hiasan yang ingin digunakan dari photoshop harus membuatnya secara manual. tapi Insya Allah jika kita sudah pandai menggunakannya, hasilnya jauh lebih bagus dari pada menggunakan pengedit foto yang lain.

A.    Bar-Bar Pengedit
1. marquee tool. marquee tool digunakan untuk menyeleksi foto yang mana yang akan diambil. marquee tool mempunyai banyak bentuk yang dapat dipakai. yaitu: Rectangular Marquee Tool, Elliptical Marquee Tool, Single Row Marquee Tool, dan Single Column Marquee Tool.
a.  Rectangular Marquee Tool menyeleksi dengan bentuk segi 4
b. Elliptical Marquee Tool menyeleksi dengan bentuk elips
c. Single Row Marquee Tool menyeleksi dengan bentuk single ke horizontal
d. Single Column Marquee Tool menyeleksi dengan bentuk single vertikal

2. lasso. lasso digunakan untuk menyeleksi gambar sesuai bentuknya. Jika menggunakan lasso harus ipertemukan ujung awal dan ujung akhir, Lasso ini memiliki 3 jenis yaitu:
a.  Lasso tool. Lasso tool untuk menyeleksi sesuai hasil goresan mouse kita.
b. polygonal lasso tool untuk menyeksi secara garis-garis polygonal.
c. magnetic lasso tool untuk menyeleksi sesuai warna kontasnya. Biasanya magnetic lasso tool yang sering dipakai karena lebih mudah penggunaannya.
3.  eraser. Seperti artinya ya eraser digunakan untuk menghapus hal-hal ingin dihapus
4. type. Tipe ada 4 macam yaitu: horizontal type tool, vertical type tool, horizontal type mask tool, vertical type mask tool. Fungsinya sama saja yaitu untuk membuat tulisan difoto yang di edit.
5. Blur. Digunakan untuk memperhalus gambar. Biasanya untuk menghilangkan sesuatu yang ingin tidak diperlihatkan agar tampilan gambar bisa menjadi baik.

B.      Cara Mengedit
                Mengedit bisa langsung anda lakukan dengan cara
1.       Pilih foto yang ingin anda edit
2.       Drug foto ke tengah-tengah (bagian foto)
3.       Coba anda lihat ke layer.. jika layer terdapat tanda gembok, maka foto itu belum bisa di edit. Bagaimana agar tanda itu dihilangakan? Caranya copy layer tersebut dan buat layer baru atau cara mudahnya duplikatkan layer anda.
4.       Setelah anda duplikatkan, maka layer yang terdapat gambar  gembok dapat di drug, lagu di taroh ke tempat yang berambarkan tong sampah.
5.       Nah.. layer duplikat ini lah yang dapat anda edit.
6.       Siahkan anda mencoba mengedit dengan bar-bar yang sudah dijelaskan di atas. Walaupun mungkin sy Cuma bisa menjelaskan 5 icon untuk mengedit, tapi Insya Allah hasilnya juga bisa bagus. 
7.       Misalnya anda ingin mengganti background latar tempat. Anda dapat menyeleksi gambar anda dahulu dengan menggunakan lasso ataupun marquee. Lalu copy paste gambar di layer foto yang backgroundnya diinginkan.. ^_^
8.       Dan anda juga bisa mecoba hal-hal yang lain sesuai icon yg sudah ada penjelasannya diatas..

Semoga bermanfaat... n_n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar